Skip to content

Ini 5 Alasan Mengapa Anak Harus Belajar Programming Sejak Dini

Ini 5 Alasan Mengapa Anak Harus Belajar Programming Sejak Dini

Secara psikologi, anak-anak adalah manusia laki-laki atau perempuan yang belum mencapai kedewasaan. Pada tahap ini, mereka penuh rasa ingin tahu dan sedang mencari apa yang mereka minati. Anak-anak cenderung berpikir dan merasa harus mengenal dirinya sendiri dan dunia di sekelilingnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus berusaha mengenalkan banyak hal terutama tentang kemajuan teknologi.

Saat ini, tentunya kita sudah tidak asing dengan coding dan programming yang merupakan salah satu dampak majunya teknologi masa kini. Pemrograman merupakan proses menulis, menguji dan memperbaiki, serta memelihara kode yang membangun suatu program komputer.

Alasan Mengapa Anak Harus Belajar Programming Sejak Dini

Berikut adalah 5 alasan pentingnya mengajarkan coding dan pemrograman kepada anak sejak dini:

1. Anak Akan Belajar Untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Foto: BWAMS

Kemampuan problem solving merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Hal tersebut harus diajarkan kepada anak-anak modern untuk mempersiapkan masa depan mereka. Anak-anak menggunakan matematika dalam implementasinya sebagai alat untuk memecahkan masalah dengan menggunakan logika. Sehingga dengan mempelajari hal tersebut juga memberikan tantangan untuk berpikir logis.

2. Pemrograman Membantu Anak Untuk Belajar Dan Menjelajah

Foto: iStock

 

Anak-anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Belajar pemrograman dapat memberikan mereka wadah untuk mengeksplor diri sendiri dan sekitarnya. Mereka dapat bereksperimen serta membangun hal-hal baru yang dapat membantu mereka dalam jangka panjang.

3. Meningkatkan Kemampuan Creative Thinking 

Foto: Pop Sugar

Setelah mereka mendapat wadah untuk mengenal diri sendiri dan lingkungan, dengan programming anak dapat membentuk kemampuan berpikir kreatif ketika menyelesaikan suatu masalah. Secara jangka panjang, mereka dapat mengimplementasikan ide kreatif di dalam pikiran mereka ke dunia nyata.

4. Pemrograman Dan Coding Sangat Menyenangkan Untuk Dipelajari

Foto: Entrepreneur

 

Belajar programming dan coding dapat menjadi nilai positif dan keterampilan yang menarik untuk dipelajari. Perasaan semangat saat memecahkan masalah logis sendiri meningkatkan kepercayaan diri mereka dan membantu membuka potensi di dalam diri. Bahasa pemrograman yang ada dapat memungkinkan anak-anak untuk memahami konsep melalui warna dan isyarat visual.

Untuk jangka panjangnya, mengenalkan anak-anak ke dunia pemrograman di usia yang lebih muda menghilangkan fobia mereka terhadap angka dan komputer dan membuat mereka nyaman di lapangan.

5. Prospek Yang Tinggi Di Masa Depan

Foto: Goodie Website

 

Pekerjaan dengan latar belakang IT menjadi sangat digandrungi dan banyak dicari dewasa ini dan di masa depan.  Sekarang semuanya telah digerakan oleh sistem mesin dan digital. Oleh karena itu, membutuhkan perencanaan dan pemeliharaan yang sangat besar, sehingga seiring waktu, permintaan akan insinyur perangkat lunak yang terampil meningkat.

Bahkan beberapa sekolah dan universitas sudah memasukan pemrograman dan coding kepada sistem kurikulum mereka.

Nah, bagaimana ayah dan bunda. Apakah tertarik untuk memperkenalkan programming dan coding kepada buah hatinya sejak dini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *